22 Oktober 2008

Kimia Unsur...!!!!

Maaf ya lama baru sempat update,berhubung sibuk dengan persiapan mid test, nah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai kimia unsur, memang baru permulaan namun penulis bermaksud memancing niat para pembaca untuk mempelajarinya terlebih dahulu.Mari kita mulai.
Nah secara garis besar unsur-unsur di dunia sangat banyak namun dikesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit mengenai dua buah unsur yang sangat kita kenal,yaitu:
Unsur Gas Mulia dan Unsur Halogen

1. Gas mulia adalah unsur-unsur golongan VIIIA. Disebut mulia karena unsur-unsur ini sangat stabil ( Sangat sukar bereaksi). Tidak ditemukan satupun senyawa alami dari gas mulia. Menurut Lewis, kestabilan gas mulia karena konfigurasinya yang terisi penuh, yaitu konfigurasi octet ( kecuali Helium=duplet).Kestabilan gas mulia dicerminkan oleh energi ionisasinya yang sangat besar, sedangkan afinitas elektronnya sangat rendah.
2. Unsur-unsur golongan VIIA disebut halogen.Nama itu bersal dari Bahasa Yunani yang berarti “ Pembentuk Garam”. Dinamai demikian karena unsur-unsur tersebut dapat bereaksi dengan logam pembentuk garam. Misalnya klorin bereaksi dengan natrium membentuk natrium klorida (NaCl), alias garam dapur.
Unsur-unsur Halogen mempunyai 7 elektron valensi pada sub kulit ns2 np3 Konfigurasi electron yang demikian membuat unsur-unsur halogen bersifat sangat reaktif. Halogen cenderung menyerap satu electron membentuk ion bermuatan negatif satu.
Semua isotop astatine bersifat radioaktif dan berumur pendek, sehingga sifat-sifatnya belum banyak diketahui.

Masih banyak lagi yang belum kita pelajari.Buat semua yang ada problem dengan pelajaran disekolah bisa tinggalkan shout disamping dan pertanyaan akan diusahan oleh penulis.

Salam menggelegar,

0 komentar:

dHaNa bHebeg's Fan Box

 
Copyright (c) 2010 Journal si bhebeg.