13 Juli 2011

Insomnia = MM (Menunggu Menguap)

Setelah badan gue sempet nge-drop beberapa hari, akhirnya tubuh ini kembali sehat dan bugar (*bukan karena rajin ke posyandu loh...). Setelah sempat di konsultasikan ke klinik terdekat, katanya gue kurang istirahat dan syaraf-syaraf pada tegang.

Kurang istirahat ?? Gue rasa sih gak, biasanya juga habis subuhan ngorok balik ampe jam 10 - 11 masa di bilang kurang istirahat ??

Nah itu dia sebenarnya dampak dan efek dari INSOMNIA -_____-"

pada tau insomnia ga? Insomnia itu kalau kata tante wiki sih gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. atau yang gue bilang SUSAH TIDUR kalau ga lewat TENGAH MALAM.

untuk beberapa orang yang biasa tidur malam atau INSOMNIA-ers mungkin bilang kalau "yaa gue baik-baik aja tuh walaupun sering insomnia, yang penting tidur cukup aja" dan walhasil "bangkong" alias bangun lambat pun menjadi kebiasaan.

Nah sebenarnya untuk tidur bukan kuantitas yang penting tapi kualitasnya. Walaupun kita tidur cuma 4 - 5 jam tapi itu berkualitas ga bakal ngeganggu kegiatan kita dan kekuatan fisik kita kok. Lain halnya dengan bangun siang ! kalau bangun siang ini lebih banyak negatifnya di banding positifnya (kalo ada positifnya sih ! )

Kalau kita terlalu sering bangun siang, efek jangka panjangnya itu bisa berpengaruh sama metabolisme tubuh, kita jadi keliatan lesu, kadang-kadang sakit kepala, dan kita juga akan kehilangan waktu produktif kita.

Kalau kata nenek gue sih "habis subuh jangan tidur lagi, ntar rezekinya di patok ayam". Nah statement itu emank ada benernya loh.. Karena kita bangun siang, pasti kita akan kalah start dengan orang yang bangun pagi. Kalau orang itu di ibaratkan kendaraan, yang bangun pagi tadi mesinnya udah panas waktu kita baru bangun, nah kita baru hidupin mesin saingan kita udah "gas" duluan deh cari rezekinya.

nah, gimana cara mengatasi insomnia ?

Berdasarkan pengalaman gue atau lebih tepatnya yang sedang gue jalanin sih simple aja.


Pertama : Matiin laptop, TV, dan sejenisnya setelah pukul 00.00

Kedua : Berdoa, dan lanjutin baca doa-doa sesuai kepercayaan masing-masing


Ketiga : pejemin mata (ni udah musti harus kudu di lakuin)


kalau masih ga bisa tidur, cobalah untuk "berangan" atau "mengkhayal"... hehehehhehe..

Sebenernya sih ada cara yang lebih mudah. Mau tau gimana ???

gini nih karena menurut gue INSOMNIA = MM (atau yang lebih di kenal "Menunggu Menguap") jadi masalah itu sebenarnya ada pada menguap. Seandaianya menguap bisa datang lebih cepat pasti kita akan tidur lebih cepat dan terhindar dari Insomnia.

Kalau misalnya untuk temen-temen yang masih sekolah bisa buka buku pelajaran yang paling membosankan kalau buat gue dulu sih buku "sejarah", kalau yang kuliahan kaya gue bisa sambil ngebayangin dan merasakan ada di kelas yang paling membosankan (kalau buat gue ada di kelas Database Design), dan untuk yang udah bekerja mungkin bisa ngebayangin presentasi ngebosanin dari rekan kerja, bos, atau sapa aja yang bisa ngebuat kalian mengantuk.


Kalau aja menguap bisa di gantikan dengan kebiasaan lain seperti : mengupil atau korek telinga, pasti semua orang akan terhindar dari insomnia.

Cukup ngupil atau ngorek telinga langsung tidur seketika.


#hhehehehe

Ya udah deh, gue mau beranjak dari depan laptop dulu, mengejar rezeki gue sebelum di patok ayam.

Keep Reading guys


Salam Menggelegar !!

0 komentar:

dHaNa bHebeg's Fan Box

 
Copyright (c) 2010 Journal si bhebeg.