28 Oktober 2011

Sumpah Pemuda

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :

- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928

28 Oktober 2011

 *sambil ngitung jari* yaa, 83 tahun yang lalu, bertempat di Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat para pemuda Indonesia mendeklamasikan "sumpah pemuda" yang merupakan sumpah dari para pemuda dan telah menjadi dasar jati diri dari Indonesia saat ini.

Dari peristiwa tersebut, sudah terlihat dengan jelas bahwa pemuda pun memiliki peran yang besar dalam pembangunan negara kita. Karena pemuda sekarang adalah calon pemimpin masa depan maka persiapkan lah diri kalian "wahai pemuda" semenjak dini. 

Bagaimana cara mempersiapkan diri kalian ??

Dari sudut kacamata saya, hal terpenting yang harus disiapkan oleh para pemuda sekarang ini adalah kualitas IMAN. kalau sebagian orang berfikir "leadership" adalah hal yang paling di perlukan dalam suatu kepemimpian, saya setuju dengan pendapat tersebut. Karena "leadership" adalah sarat utama untuk menjadi seorang pemimpin. Termasuk memimpin diri sendiri. Karena leadership without iman is nothing.
Sewaktu libur 3 bulan di Indonesia kemarin, hampir setiap hari yang gue liat di TV masalah korupsi. Saat satu masalah mulai hangat dan akan terkuak, muncul lagi kasus korupsi baru lainnya, yang seakan-akan ini semua adalah sandiwara untuk menutup nutupi kasus-kasus sebelumnya. Ada yang kabur keluar negeri, ada yang pura-pula hilang ingatan lah, ada yang ngerubah penampilan. Tapi untungnya ga ada yang merubah penampilan dengan masang kolor di mukanya, ga pake baju, pake kolor doank, dan mengikat bendera di lehernya sambil bilang "yaa sayalaah koruptor terkenal, gesit, dan tidak bisa di hukum. "SuperLor" alias super kolor. #hehehhee

*Ok balik lagi serius (baikin muka biar keliatan serius) 
Jadi seperti yang gue udah bilang di atas bahwa kualitas iman lah yang harus menjadi fokus sekarang ini, karena kalau cuma soal "leadership" gue yakin sudah banyak pemuda Indonesia yang memiliki kualitas "leadership" yang tidak di ragukan lagi. Mari kita sebagai generasi muda bersama mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin Indonesia yang dapat membawa kemajuan dan perubahan bagi negara tercinta.

Kalau ngomongin soal sumpah pemuda, gue jadi ingat kalimat yang selalu Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng ucapkan untuk mengakhiri pidato beliau dalam setiap perjumpaan dengan para Mahasiswa Indonesia di Malaysia,

Pemuda-pemudi yang di luar Indonesia sana, negara memanggilmu, lakukan karyamu dari sana.

Beliau selalu mengatakan "negara memanggilmu" dan "lakukan karyamu dari sana". Walaupun gue kadang blur dengan statement pertama, karena dari mana negara ngomongnya ?? Gimana suaranya ?? tapi satu yang gue yakin kalau Indonesia masih membutuhkan pemuda - pemuda Indonesia dimana pun berada untuk datang kembali ke Indonesia dan bersama - sama melakukan perubahan demi kemajuan negara Indonesia. Selain itu karya-karya yang temen - temen telah hasilkan sekarang pun merupakan suatu aset negara yang sangat valuable, karena melalui karya - karya tersebut lah dunia akan semakin mengenal Indonesia, sebagai negara yang memiliki pemuda luar biasa, penuh dengan kreativitas, serta tampan dan rupawan.

hhehhehee..

Ohy, berhubung lagi suasana hari sumpah pemuda, sedikit share cara kami warga Indonesia di kampus untuk berkarya.
Kamis tanggal 27 kemarin, gue bareng temen - temen Indonesia yang ada di kampus ikutan gabung dalam acara "International Culture Day 2011" di kampus. Suatu langkah dari kami para pemuda Indonesia untuk memperkenalkan Indonesia dan kebudayaan nya kepada mahasiswa dari negara lain nya :)

Ada apa di Internationa Culture Day 2011 ?? tunggu postingannya  :D

Selamat Hari Sumpah Pemuda,

Salam Menggelegar !!!

0 komentar:

dHaNa bHebeg's Fan Box

 
Copyright (c) 2010 Journal si bhebeg.