19 Juni 2011

Car Free Day in Balikpapan

yihaaaaa... akhirnya setelah 1 minggu planning gue tertunda hari ini jadi juga acara gowes masal ke lapangan merdeka.

kok ke lapangan merdeka? Nahh, gue juga baru tau pas mau balik ke Indonesia kemarin, sekalian share info untuk temen-temen semua kalau sekarang tiap hari minggu di berlakukan "Car Free Day" mulai dari jam 06.00 am - 09.00 am + senam aerobik masal.


car-free day sign


Apa itu Car Free Day ?? Kalau di translate pake mbah google.co.id hasil yang akan keluar adalah : "mobil gratis hari" atau gue susun jadi "hari mobil gratis" biar lebih enak di denger. Mobil gratis tiap minggu ?? Kagak laah, yang di maksud "car free day" disini adalah hari tanpa kendaraan. Jadi mulai dari jam 06.00 am sampai jam 09.00 am beberapa titik di tutup untuk memberikan kesempatan kepada warga menikmati udara segar sembari berjogging, bersepeda, atau hanya sekedar jalan-jalan menghirup udara segar sambil bercanda riang dengan keluarga masing-masing.

pukul 5.45 gue dengan ade gue cabut menuju check point yang pertama di rumah putri untuk bareng-bareng ke lapangan merdeka.

Sebenernya sih cobaan paling berat dari rumah gue ke rumah putri, baru keluar rumah aja udah nanjak ke surga. Begitu sampe di tanjakan atas rumah,

rifky : "ka, minum dulu donk"
gue : "???? baru keluar komplek doank udah minum ??"

hahaha.. koplak.. gue udah sok kuat aja kagak minum dulu. jalan sedikit lagi ketemu tanjakan. Ya perjalan dari rumah gue menuju rumah putri (tempat berkumpul) harus melalui 3 buah tanjakan yang cukup bisa membuat rontok kaki.

Setelah perjalanan 20 menit akhirnya kita sampai di check point pertama dan hanya selang beberapa menit kemudian egra datang. komplit sudah jagoan neon + 1 tukang foto (red : ade gue).

egra : "mau gowes lewat mana le? "
gue : " lah ente yang punya Balikpapan, udah gowes aja duluan kita ngikut di belakang"

yiihaa.. (ekspresi gue kesenangan kaya anak kecil dapat mainan baru) akhirnya setelah seminggu ngidam akhirnya gue bisa menikmati udara pagi yang bener-bener sejuk dan masih bebas dari polusi asap kendaraan. Dengan semangat 45' gue gowes tu sepeda lipat biar kagak ketinggalan ama mountain bike yang mereka pake. Ya iyalah ban mereka 3 kali lebih besar, mereka genjot sekali gue harus genjot 3 kali -.-"

di 3/4 jalan menuju lapangan merdeka mendadak badan gue jadi lemes, kepala pusing, mata memerah dan "huweeeee... huwwwwweeeeee.." yihaa.. karena perut kosong dan mungkin juga karena gue kagak biasa cycling jauh-jauh angin keburu ngisi perut dan menghasilkan gejolak yang tidak pernah di bayangkan sebelumnya.

#gue muntah bukan karena kagak kuat cycling ye.. tpi emank karena kondisi fisik aja yang kurang mendukung. Kalau cuma gowes mah gue kuat (*pembelaan).

habis gue keluarin semua isi air yang ada di dalam perut, baru dah kepala jadi ringan lagi dan siap menuju tempat tujuan dan pas banget di tempat gue muntah tadi jalannya langsung turunan yang cukup panjang dan sisa jalan datar menuju tempat tujuan tadi.

Wah bener-bener adem banget kalau ngelewatin jalan yang menurun kaki rasanya seperti ke surga 7 detik.


sign memasuki daerah CFD

well, sampai juga ke lapangan merdeka. Tulisan car free day udah keliatan sambil di jaga sama om-om polisi. Ambil kamera dari dalam tas dan gowes santai sambil bernarsis ria keliling lapangan merdeka. Lumayan rame yang datang kesini, antusias dari warga memang cukup bagus bahkan peserta senam aerobik pun banyak banget kalau dari kacamata gue.

ini ade gue narsis di jalan

jagoan neon :)

puas gue keliling-keliling di sana, mata gue terpana melihat rombong batagor kenangan yang selalu gue beli setiap ketempat ini. Kagak pake nunggu lagi, gue samperin tu rombong dan memesan batagor favorite gue and here is it :


batagor tempat biasa. I love it :)

di tempat ini macem-macem jenis manusia berkumpul dan bahkan ada yang datang bersama komunitasnya masing-masing. sebagai contoh ada komunitas fixie, bmx, bahkan sepeda low ride pun ada loh. Kebeneran banget tadi gue sempat mengabadikan foto om polisi ngetes sepeda low ride loh. Ini nih fotonya,


genjot terus om :D

Bener-bener aktifitas yang murah, sehat, dan pastinya menyenangkan. Kalau pada mau datang ke tempat yang seperti ini, gue saranin jangan datang sendiri. Ajak temen-temen yang lain biar rame jadi kagak bengong doank muter-muter sendiri. Selain itu sangat tidak gue saranin untuk datang berduaan bagi yang bukan muhrim, kenapa? karena ntar bakalan kagak enak di pandang. Apalagi yang kaya gue liat tadi, masih mending bukan muhrimnya kalau berlainan jenis, kalau sejenis?? pake baju couple, kalung yang di pake sama, dan terlihat mesra -.-" eeuugghhtt.. gue sendiri jadi ogah ngeliatnya. But overall I love this day.

I love this day :)

ohya temen-temen, tau ga kalian cobaan terberat untuk gowes alias cycling jauh dari rumah ini apaan ?? yups betul banget, cobaannya adalah "malas balik", kenapa gue bilang malas balik ? karena bukan cuma gue doank yang mendadak jadi mikirin seberapa jauh gue dari rumah, berapa tanjakan yang harus gue lewatin lagi, dan macam-macam pertanyaan konyol yang tidak seharusnya kami fikirkan kalau masih pengen pulang dengan selamat dan lengkap.

setelah puas berkeliling, kami pun pindah lokasi nongkrong ke pinggiran melawai ngeliat ombak yang lagi pasang di tiup angin selatan yang membuat udara di sekitarnya semakin sejuk dan enak untuk tidur (*untung aja gue kagak bawa sleeping bag, kalau kagak udah pingsan di pinggiran melawai gue)


enjoy di pinggiran melawai

ga kerasa matahari udah mulai naik, tepat pukul 8.30 am kami pun mulai bergerak meninggalkan lapangan merdeka dan menuju rumah masing-masing. Walaupun gue akuin kaki + bokong gue kaya rontok (*bahkan sampai buat ni postingan masih kerasa), gue tetep ga sabar nunggu minggu depan untuk mengulang aktivitas ini kembali. Mumpung lagi di Indonesia, kapan lagi kan??

hehehhe..

Keep reading guys..

Salam Menggelegar

2 komentar:

gitadine mengatakan...

Adeknya miriiiiiiiiip~ :D
Aku ngaku orang Bandung belom pernah ke CFD Bandung sekalipun lah hahaha

dhana bhebeg mengatakan...

mrip apa nih ?? sama aku? beda lahh.. aku jauh lebih ganteng :P

hahaha..

dHaNa bHebeg's Fan Box

 
Copyright (c) 2010 Journal si bhebeg.