14 Juni 2011

Kisah si Nenek

Alhmdulillah gue masih di kasih kesempatan untuk nulis malam ini . . .
Sumpaahh hari ini pegel-pegel rasanya, dari pagi ampe malam nyaris ga ada di rumah, bahkan waktu gue buat postingan ini, laptop gue baru aja di nyalain.

Hari ini di mulai dengan acara mandiin blacky, nganterin papah ke airport, beli buku, kerumah sakit, makan, dan sekarang blogging alias update blog. Banyak banget pelajaran dan point point yang menurut gue sangat berarti untuk masa depan kelak.

Ohya, hari ini gue beli buku "Notes From Qatar", kalau gue bilang sih, this is "love in the first look" design cover yang cukup menarik menurut gue dan judul yang sangat menantang untuk di baca. Tapi gue urungkan niat gue untuk beli buku ini kemarin dengan tujuan mencari review dulu tentang buku dari internet. Setelah gue baca reviewnya buku ini cukup menarik, dan dengan merogoh kocek Rp 80.000,- buku NFQ ini ada di tangan. Penilain gue terhadap buku ini, 8.5/10 dan gaya penulisaannya cukup menarik serta enak di baca.

Sorenya gue nganterin mamah dan ibu-ibu di komplek untuk ngejenguk 4 orang di 2 rumah sakit yang berbeda. Miris juga ngeliatnya, di komplek aja udah ada 4 orang yang masuk rumah sakit. Dan dari perjalanan gue kerumah sakit ini ada beberapa point yang pngen gue share untuk temen-temen semua.

pernah ngeliat orang yang kena stroke?? gimana menurut temen-temen semua??

Innalillahi wa'inna lillahi roji'un..

namanya juga musibah, siapa sih yang bisa menolak? Siang ini tdi mamah di telp dapat kabar kalau salah seorang nenek pensiunan di komplek kami mendadak terserang stroke. Tentu saja kabar ini membuat beberapa orang yang dekat dngan beliau sedih dan merasa terpukul, bahkan gue sendiri yang hanya sekedar tau pun dapat sedih. Setelah sholat ashar, gue bersama mamah dan temen-temennya bergerak menuju Rumah Sakit tempat nenek tadi di rawat, setelah sampai alangkah terkejutnya kami mendengar kabar bahwa nenek tadi masih tidak sadar dan berada di ruang ICU..

#taukan ruang ICU ?? kalau kagak tau buruan googling

nahh, karena untuk masuk menjenguk hanya boleh 3 orang / masuk, akhirnya kami bergantian untuk menjenguk sang nenek. Dari duduk-duduk menunggu ini lah perbincangan antara gue dan saksi mata + sahabat sang nenek karena udah tetanggaan sebelum mereka tinggal di komplek tempat aku tinggal.

ibu : "kapan pulang dhan??"
gue : "Jumat kemarin bu, alhmdulillah dapat liburan lama jadi bisa pulang, tdi si nenek kena stroke pas lagi dirumah ibu ya??"

ibu : "iya, tdi ibu ampe nangis waktu pas nenek ga bisa ngomong lagi dan udah lemas langsung badannya. Mungkin Allah emank udah atur kali ya, sehingga meringankan langkah kaki nenek untuk main kerumah ibu pagi tdi, kebeneran pagi tdi ibu sibuk di dapur, dan si bapak lagi nyuci mobil di depan. Terus nenek bilang ke bapak nanya ibu ada apa nggak? setelah bapak ajak ngobrol bapak suruh aja si nenek masuk kedalam cari ibu, naahh pas ibu keluar, tau-tau si nenek udah kayak mau ngomong tapi ga bisa ibu cuma bisa dengar si nenek bilang, "aku minta maaf ya.." (di bagian ini gue ngerasa miris banget) tapi emank udah ga jelas lagi suara nenek ini. habis ibu bilang, "iya nek gpp, tpi nenek kenapa kog jadi kaya gini (saat itu, si ibu udah panik banget dan panggil bapak di depan), kemudian si nenek di pindahkan ke sofa yang ada diruang tengah dan berusaha untuk menyuapkan teh hangat ke mulut nenek, tpi tau ndak apa yang keluar dari mulut nenek ??"

gue : "apa bu??"
ibu : "si nenek terus aja berdzikir melafaskan "la illaha illallah" subhanallah dan saat itu pandangan si nenek sudah kosong dan sejurus kemudian tidak menyadarkan diri atau mungkin yang dalam bahasa kedokterannya di bilang "koma". Ya udah buru-buru aja ibu suruh bang ozi bawa nenek ke rumah sakit dan beginilah kondisi terakhir beliau"

Subhanallah, kalimat terakhir yang di dengar dari mulut nenek adalah "la illaha illallah" (mudah-mudahan saat terakhir gue nanti pun dzikir dan nama-nama Allah lah yang akan keluar dari mulut ini)

Nenek ini memang terkenal sebagai seorang sosok pekerja keras, seorang guru dan juga guru mengaji untuk anak-anak yang ada di komplek gue.

kemudian si ibu melanjutkan ceritanya,

ibu : "dulu ya dhan, nenek ini menjadi janda saat mengandung anaknya yang bungsu, suami dia di bunuh orang (#gue ga kebayang kalau ada di posisi si nenek waktu itu) dan subhanallah.. kalau ibu bilang si nenek Insya Allah bisa masuk surga, beliau berusaha keras untuk menghidupi anak-anak beliau setelah suaminya ga ada. Bolak balik markoni klandasan jalan kaki bekerja sebagai guru untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menyekolahkan anak-anaknya. ga pernah berfikir untuk mencari pengganti suaminya (padahal saat itu beliau masih muda) dan rajin dalam menjalankan ibadah. Insya Allah beliau bisa meraih surga Allah.."
gue : "amiiieen ya Rabb..."

bayangkan betapa tabahnya beliau menghadapi cobaan hidup ini. Buat anak-anak Balikpapan tau kan jarak markoni ke Klandasan ?? beliau jalan kaki hari-hari untuk keluarganya, bekerja sebagai tulang punggung keluarga demi kebahagian anak-anaknya..

suatu pelajaran yang sangat bagus untuk kita semua khususnya untuk diri gue sendiri.

Bayangkan betapa susahnya orang tua untuk mencari nafkah, ngebanting tulang (#ingat ini cuma istilah.. bukan tulangnya di cabut trus di banting-banting ), untuk ngebahagian keluarganya, ngasih makan anak-anaknya, nyekolahin anak-anaknya. Sekarang pertanyaan untuk kita, udah ga sih kita belajar sungguh-sungguh? memberikan nilai dan hasil yg terbaik untuk mereka?? Hanya diri masing-masing yang bisa menjawabnya.

Pelajaran lainnya adalah kesetiaan

Setelah kematiaan sang suami, si nenek tidak pernah berfikir untuk menikah lagi atau mencari pengganti sang suami, kenapa?? karena buat si nenek, kakek adalah orang terakhir yang akan mengisi hatinya. Seorang lelaki pilihannya yang tidak dapat di gantikan.. yaah, jujur gue kagum banget ama si nenek..

Sekarang si nenek masih terbaring di kamar rumah sakit, gue cuma bisa mendoakan yang terbaik untuk si nenek, seorang wanita super yang ada di komplek gue. Bahkan dari ibu-ibu yang ada di mobil gue, mereka bilang sebelum nenek sakit, nenek sudah menjumpai mereka satu persatu untuk meminta maaf. Sungguh luar biasa perjalanan hidup nenek ini...

Mudah-mudahaan Allah segera melepaskan diri nenek dari penyakit ini dan memberikan yang terbaik untuk si nenek.. Allah maha mengetahui yang terbaik untuk hambanya..

Amiinn ya Rabb,,

Kayany itu aja yang gue bisa share untuk hari ini.. mudah-mudahan ada nilai dan point yang bisa kita ambil sebagai pelajaran untuk hidup kita..

Keep reading guys.. because sharing is caring :)

Salam Menggelegar

0 komentar:

dHaNa bHebeg's Fan Box

 
Copyright (c) 2010 Journal si bhebeg.