21 Juni 2011

Kerja Tak Semudah Membanting Tulang

Capeekk..!! yaah cuma itu yang bisa gue bilang soal "kerja". Akhirnya setelah lebih dari seminggu gue bambung tanpa arah di liburan kali ini, hari ini gue resmi belajar sambil bekerja sebagai penjaga toko sekaligus operator warnet.

Alhmdulillah, gue syukurin aja dari pada cuma bengong di rumah tanpa hasil mending duduk di toko dengan hasil.

#hhehehe

Sesuai dengan judul postingan kali ini "Kerja Tak Semudah Membanting Tulang", gue pengen menyatakan kalau gue kurang setuju dengan statement "kerja keras" sama dengan "membanting tulang". Kenapa?? Lahh, wong gue aja kerja biasa ga pake keras itu rasanya udah lebih berat dari pada hanya sekedar membanting tulang, apalagi yang kerja keras? betul ga?


Operator warnet ! yeah.. suatu pekerjaan yang sangat berhubungan dengan kuliah gue di bidang IT. (*walaupun major gue software engineering tpi kita cocok-cocokin aja lah masih sama-sama IT ini :p )

#Kesan di hari pertama,

Gue masuk kedunia yang jauh berbeda dari yang sudah gue laluin. Mulai dari bertemu dengan orang-orang yang berlainan sifat, ras, suku, bangsa, model rambut, bau parfume, harga baju, dll yang menuntut gue untuk berfikir lebih cepat, sabar, tabah, tahan nafas, dan tahan yang lainnya.
Sebenarnya sih ini bukan kerja, gue cuma ikut mencari pengalaman di salah satu toko komputer + service, warnet, dan game center milik salah seorang temen kk sepupu gue. Khan pengalaman itu suatu pelajaran yang sangat tidak ternilai harganya, betul gak ? Nah, dari pada gue duduk bengong di rumah cuma online, mending gue duduk di warnet ini jaga billing, ngelayanin customer yang nge-print, fax, dll sambil internetan gratis serta mendapakan uang transport dan makan.

Share untuk temen-temen gue yang kuliah IT apalagi yang majornya Software Development..

#ini kondisi di Balikpapan ye..

1. Di Balikpapan software house masih ga ada jadi peluang untuk mengembakan software house masih besar. Tapi kendala yang di hadapin memang besar, sebelumnya sudah ada beberapa perusahaan kecil yang mencoba mendirikan software house di Balikpapan tapi semua collapse -.-" So, we have a chance to make it real in here with a new innovation to make it hard to collapse.

2. Software pasarnya jarang tapi hasilnya banyak, sedangkan network + maintenance hasilnya dikit-dikit tapi kerjaannya banyak (*jadi mulai lah berfikir mau di bawa kemana diri anda)

#kesimpulan gue :

Mungkin jadi seorang programmer dan system analysis cukup menjanjikan hasil yang besar, tpi pasar network and maintenance juga cukup besar. So, kita harus belajar untuk menguasai semuanya biar bisa makin banyak dan cepat meraup keuntungannya.

-.-" kesimpulan yang sedikit maksa tapi gue rasa itu yang paling bagus kalau pengen survive dan mempertahankan software house di Balikpapan biar ga collapse.

ok back to topic..

ya kerja itu memang ga semudah kaya kita ngepatahin bagian tubuh ayam terus ngebanting-banting tulangnya. Kerja itu bukan hanya perlu fisik tapi juga mental, nahh mental itu yang mungkin gue belum siap. Apalagi posisi toko tempat gue bekerja ini yang agak kepinggir sehingga anak-anak yang main ke warnetnya pun anak-anak daerah situ. Mulai dari rambutnya yang tinggi-tinggi nanjak ke surga, ada yang celananya robek-robek, mukanya sangar, sampai yang baunya juga sangar. Apalagi waktu si boss cerita kalau ada beberapa nama yang kalau mau main, musti ninggalin duit dulu. Kenapa? karena udah punya black record + hutang di tempat gue kerja sekarang ini.

Pertama sih semua aman-aman aja, sampai habis waktu makan siang dan sholat dzuhur waktu dimana anak-anak mulai pulang sekolah. Mulai ada tuh anak-anak daerah situ yang dateng pake acara bawa tampang preman lagi -.-"
ohya gue bukan takut ama mereka, cuma mental gue aja yang belum siap (*pembelaan)

terus ada om-om yang kalau ngomong di telpon nyaring + acara ngebentak-bentak pengen barangnya cepat kelar. Udah gitu kelar harganya pake di tawar-tawar lagi -.-" jadi serba salah punya customer.

Pokoknya kerja itu emank tak semudah ngebanting tulang deh. kalau ngebanting tulang mungkin hanya capek fisik, sedangkan bekerja ga hanya fisik tapi juga mental kita. Salah-salah kita bisa jadi gila cuma karena kerjaan.

yaa.. ,mungkin itu aja yg gue bisa share di hari pertama kerja ini. yang jelas intinya kerja = capek sedangkan duit = obat capek. So, harus tetep semangat biar obat capeknya cepet dapat :D

Keep Reading guys..

Salam Menggelegar

1 komentar:

Si Kaki Panjang mengatakan...

Semangat-semangat yang kerja *ketinggalan ya :p*

dHaNa bHebeg's Fan Box

 
Copyright (c) 2010 Journal si bhebeg.