25 Agustus 2008

Merdeka Bukan Hanya Perayaan

Puluhan tahun sudah bangsa kita merdeka, namun peristiwa 17 agustus tidak lagi diperingati secara khidmat atau selayaknya sebagai peristiwa yang penting dalam sejarah bangsa.

Bagi kakek-kakek dan orang tua kita yang hidup pada masa-masa pemerintahan Bung Karno, saat-saat mereka berjuang bersama untuk meraih kemerdekaan. Pasti perayaan 17 agustus setiap tahunnya selalu mengingatkan mereka akan semangat mereka yang berkobar, Bukankah sudah sepantasnya kita sebagai generasi muda dari bangsa Indonesia mulai berusaha untuk merayakan pelaksanaan HUT RI ini dengan penuh khidmat?
Mungkin akan lebih baik disela-sela acara lomba-lomba dan kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT bangsa kita, kita melaksanakan renungan akbar, pemutaran film dokumenter tentang perjuangan para pahlawan, dan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk mengingatkan kita akan usaha dan kerja keras dari para pejuang-pejuang bangsa kita.
Kemerdekaan bangsa kita tidak kita raih dengan mudah, tapi dengan perjuangan yang berat, banyak sekali nyawa-nyawa yang menjadi tumbal dalam memperebutkan kemerdekaan bangsa kita ini, banyak barang-barang inventaris Negara yang dirusak dan masih banyak lagi yang telah bangsa kita korbankan untuk mendapatkan kemerdekaan bangsa kita.
Sedikit perjuangan yang penulis kutib untuk membuka mata hati kita bersama :

Tanggal 16 Agustus 1945
Hari itu para pemimpin bangsa kita disekap oleh golongan muda yang menginginkan Proklamasi dikumndangkan secepatnya. Namun para pemimpin bangsa kita tetap bersikukuh untuk menunggu Jepang untuk memproklamirkan kemerdekaan bangsa kita. Namun para pemuda saat itu sudah tidak bodoh. Mereka tidak menyerah begitu saja, mereka yakin apabila mereka menunggu Jepang berarti sama saja kemerdekaan bangsa kita merupakan pemberian dari Jepang, para kaum muda yang mendengar peristiwa kekalahan Jepang terhadap sekutu. Mereka pun sadar bahwa apabila mereka tidak merdeka sekarang maka pihak sekutu akan mengambil alih bangsa kita dan mulai menyengsarakan bangsa kita…

Ya itulah sedikit yang penulis ketahui.
Maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa usaha mereka ( kaum muda ) dalam meraih kemerdekaan sangat berperan penting. Dan usaha kita sebagai generasi muda sekarang juga berperan pentung untuk mengisi kemerdekaan bangsa ini dengan khidmat dan penuh suka cita.
Jadi mulai saat ini HUT RI bukan perayaannya yang penting, tapi makna mengenang perjuangan merekalah yang penting.

Marilah bersama kita renungkan perjuangan para pahlawan kita agar bangsa kita bisa bangkit mulai dari saat ini


Salam Menggelegar

0 komentar:

dHaNa bHebeg's Fan Box

 
Copyright (c) 2010 Journal si bhebeg.